Saturday, April 4, 2015

Perbaikan Poros Penggerak Roda Pada Suspensi Independent. 

Kegiatan Belajar 2.

     Perbaikan Poros Penggerak Roda Pada Suspensi Independent.    
                                                
a.   Tujuan Pemelajaran

1.    Siswa dapat memeriksa unit poros penggerak roda pada suspensi independent apakah masih baik atau harus diganti.
2.    Siswa dapat memperbaiki atau mengganti unit poros penggerak roda beserta komponen-komponennya pada suspensi independent.

b.  Uraian Materi

Kendaraan yang bersuspensi independent poros penggerak rodanya menggunakan jenis CV joint. CV joint bisa dipakai pada kendaraan tipe poros penggerak roda depan maupun poros penggerak roda belakang. Dalam pemelajaran ini kita menggunakan tipe poros penggerak roda depan. Service yang dilakukan sanggat jarang karena konstruksinya sangat sederhana.
1.   Pembongkaran
Untuk membongkar ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Kendorkan mur roda.
b.    Angkat mobil dengan dongkrak dan tumpu dengan jack stand.
c.    Lepas roda.
d.    Lepas kaliper dan piringan rem.




Gambar 11. Pemeriksaan Kebebasan Bantalan.

e.    Periksa kebebasan bantalan dalam arah aksial dengan dial indikator. Kebebasan maksimum 0,05 mm.


Gambar 12. Melepas Mur Pengikat Bantalan.

f.     Lepas Conter pin dan mur pengikat bantalan.

Gambar 13. Melepas Tie-rod End.

g.    Lepas hubungan tie-rod dengan steering knucle SST.

Gambar 14. Melepas Steering Knucle Dari Lower Arm.

h.    Lepas steering knucle dari lower arm.
Gambar 15. Melepas Poros Penggerak Roda Dari Hub.
i.     Lepas poros penggerak roda dari hubungan.

2.   Pemeriksaan
Setelah unit poros penggerak roda terlepas lakukan pemeriksaan sebagai berikut:
a.    Pemeriksaan poros penggerak roda dari kemungkinan melengkung.
b.    Pemeriksaan out board tidak boleh ada kekocakan.
c.    Pemeriksaan inboard joint harus dapat meluncur dengan lembut arah aksial.
d.    Periksa kebebasan inboard joint kearah radial tidak terlalu besar.
e.    Periksa gigi alur dari kemungkinan kerusakan.
Gambar 16. Memeriksa Poros Penggerak.

Komponen-komponen dari CV joint tidak bisa diperbaiki bila hasil pemeriksaan menunjukkan adanya kerusakan maka harus diganti 1 unit CV joint.

3.   Pemasangan Kembali/Perakitan
Pemasangan kembali/perakitan dapat dilakukan sebagai berikut:
a.    Masukkan poros penggerak roda secara pelan-pelan ujung yang satu ke transaxle ujung yang lain ke hub roda. Kencangkan mur pengikat bantalan dengan momen 800 kg cm.
b.    Pasang steering knucle pada lower arm dan kencangkan mur dengan momen 850 kg cm.
c.    Pasang tie-rod dengan momen 600 kg cm.
d.    Pasang kaliper dan piringan rem dengan momen pengencangan 200 kg cm.
e.    Pasang roda dan mur roda.

f.     Turunkan mobil dan kencangkan mur roda.

No comments:

Post a Comment