Wednesday, April 1, 2015

CONTOH LAPORAN PRAKERIN YANG KOMPLIT

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah kami berharap dengan diselesaikan laporan ini, kami dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia kerja dalam hal ini.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan doa yang telah diberikan dalam pelaksanaan PKL. Sekolah serta Bapak/Ibu guru yang dengan suka rela memberikan ilmu serta dukungan, juga tak lupa kepada pihak PT Cipaganti Heavy Equipment yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana selama dalam proses pelaksanaan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 07 Oktober sampai dengan 08 November.
            Kami berharap semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat menjadi titik tolak kami untuk menjadi lebih maju dan bersungguh-sungguh. Kami juga berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, Amin.
Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan terdapat dalam laporan ini.
Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat kami harapkan, demi kesempurnaan laporan ini.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Ciamis,   Desember 2013




Penulis


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR........................................................................................................ 1
DAFTAR ISI........................................................................................................................ 2

BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang......................................................................................................... 3
B. Tujuan...................................................................................................................... 3
C. Sasaran..................................................................................................................... 4
D. Maksud.................................................................................................................... 4
E. Lokasi dan Waktu.................................................................................................... 4

BAB II. PEMBAHASAN
A.    Profil....................................................................................................................... 5
B.     Sejarah Singkat....................................................................................................... 5
C.     Kegiatan.................................................................................................................. 7

BAB III. PENUTUP
Kesimpulan................................................................................................................... 9

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar   belakang   PRAKERIN
Praktek kerja industri adalah suatu cara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan. Khususnya pada sekolah menengah kejuruan yang memadukan kegiatan belajar disekolah dan kegiatan belajar melalui kerja yang sesungguhnya dan relevan dilapangan kerja (Dunia Usaha Dunia industri).
Disamping untuk memenuhi syarat mengikuti ujian akhir nasional dengan diadakan praktek kerja industri siswa, sekolah menengah kejuruan diharapkan lebih kompeten didalam dunia kerja dan dengan adanya program ini siswa dapat menjadi lebih berpengalaman dan lebih mandiri untuk menghadapi persaingan dunia kerja sekarang ini yang telah bersifat kompetitif.
B.     Tujuan Prakerin
Praktek  Kerja  Industri  (  PRAKERIN  )  ditunjukan  untuk  membentuk  supaya  memiliki  professional  kerja antara  lain  :
1.      Meningkatkan,  memperluas  dan  menetapkan  keterampilan yang  membentuk  kemampuan  siswa sebagai  bekal  untuk  memasuki  lapangan  kerja  yang  sesuai  dengan  program  keahlian  dan  disiplin ilmunya.
2.      Menumbuh  kembangkan  dan  memanfaatkan  siswa professional  yang  diperlukan  siswa  untuk memasuki  lapangan  kerja  sesuai dengan  bidangnya.
3.      Meningkatkan  pengalaman  siswa  pada aspek-aspek  usaha  yang  potensial  dalam  lapangan kerja antara  lain  :  Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang  Karir, dan  Menengah  Usaha.
4.      Memberikan kesempatan  pada siswa  untuk  memasyarakatkan  diri pada  sesuatu  atau  iklim  lingkungan kerja  yang  sebenarnya, baik  sebagai  pekerja,  sebagai  penerima  upah  maupun  sebagai  pekerja mandiri,  terutama  yang berkenaan dengan disiplin  kerja.
5.      Meningkatkan,  memperluas  dan  memantapkan  proses  peyerapan  teknologi  baru  dari  lapangan  ke sekolah  dan  sebaliknya.
6.      Memperoleh  masukan  dan  upah  baik  untuk  memperbaiki  dan  mengembangkan  kesesuaian pendidikan  kejuruan.
7.      Menjalin kerjasama  dengan  dunia  usaha  secara  institusional untuk memberikan  peluang  masuk  dan ditempatkannya alumni.

C.    Sasaran PRAKERIN
Sasaran  yang  ingin  dicapai  adalah  terbentuknya  pribadi  yang  memiliki  seperangkat  pengetahuan, keterampilan, nilai  dan  sikap  serta  pola  tingkah laku  yang diperlukan  bagi profesi  serta  cakap  dan  tepat  menggunakannya  dalam  penyelenggaraan  menejemen  perkantoran  baik  di  sekolah  maupun  di  luar  sekolah.
D.    Maksud PRAKERIN
PRAKERIN  adalah   suatu  kegiatan intrakulikuler  yang  dilaksanakan  oleh  para  siswa-siswi  Sekolah  Menegah  Kejuruan, melalui  penerjunan  langsung  ke  lingkungan  sosial  masyarakat untuk  belajar dikehidupan  masyarakat di tempat  PRAKERIN  dilaksanakan  dan  diharapkan  siswa-siswi  dapat  merealisasikan  hasil  yang  didapat  dibangku  sekolah, lingkungan  tempat PREKRIN  berlangsung  serta bersama-sama  masyarakat  melaksanakan  kegiatan  masyarakat  yang  direncanakan  oleh  pemerintah  dan  membantu  dengan kemampuan siswa-siswi  yang  bersangkutan  untuk  memecahkan  masalah  yang  dihadapi  oleh  masyarakat  dimana  tempat  siswa-siswi  melaksanakan  PRAKERINnya,  sehingga  dapat  dengan  mudah  yang telah  didapatkan dilapangan.
E.     Lokasi  dan Waktu
Waktu  dan  tempat  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri  (  PRAKERIN  )  Siswa SMK LPS 1 Ciamis Khususnya  dilaksanakan  pada  :
         Tanggal         : 07 Oktober 2013  s/d  08 November  2013
Tempat          : PT. Cipaganti Heavy Equipment
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Profil PT. Cipaganti Heavy Equipment
Visi
Perusahaan jasa rental Alat Berat dan Kontraktor tingkat Nasional yang sehat dan profesional sehingga menjadi pilihan utama customer dan menjadi solusi bagi perkembangan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Misi
Memberikan layanan yang tepat, terbaik, saling menguntungkan serta memberikan solusi bagi customer dan perusahaan akan kebutuhan Rental Alat Berat dan Kontraktor.
Meningkatkan kerjasama terhadap customer dan perusahaan-perusahaan penyewa dengan memberikan layanan teknis terbaik.

B.     Sejarah Singkat PT. Cipaganti Heavy Equipment
Pengalaman PT Cipaganti Citra Graha ( PT CCG ) yang didapat dari usaha penyewaan kendaraan mengantarkan PT CCG kepada usaha penyewaan alat berat.
Pada tahun 1995 PT CCG memulai kegiatan usaha penyewaan alat berat. Pada awalnya unit usaha penyewaan alat berat ini memanfaatkan perkembangan industri tekstil di kota Bandung dan sekitarnya. Unit alat berat yang disewakan pada waktu itu lebih banyak berupa forklift dan crane.
PT Cipaganti Heavy Equipment ( CHE ) didirikan dengan nama PT Cipaganti Borneo Energi Persada Berdasarkan Akta Pernyataan Keterangan Penetapan nama, perusahaan dirubah menjadi PT Cipaganti Heavy Equipment ( PT CHE ), akta telah memperoleh persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Seiring dengan perkembangan infrastruktur dan industri di kota Bandung dan sekitarnya yang berujung pada peningkatan permintaan alat berat, unit usaha penyewaan alat berat mulai memperbanyak jenis alat yang disewakan, antara lain: excavator, bulldozer, wheelloader, dump truck.
Melihat pesatnya perkembangan industri perkebunan, pertambangan dan sumber daya alam, serta proyek-proyek infrastruktur dan konstruksi di Indonesia secara keseluruhan, maka unit usaha penyewaan alat berat PT CHE membuka dan mengoperasikan kantor cabang di luar pulau Jawa, antara lain:

Di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Batulicin (Kalimantan Selatan) pada tahun 2004.
Palangkaraya (Kalimantan Tengah) pada tahun 2005.
Pekanbaru (Riau) pada tahun 2007.
Balikpapan dan Samarinda (Kalimantan Timur) pada tahun 2008.
Banjar - Ciamis hingga daerah Jawa lainnya pada tahun 2009
Palangkaraya dan Muara Teweh (Kalimantan Tengah) pada tahun 2011
Tahun 2012 Melakukan ekspansi rental alat berat ke Sulawesi dan Ekspansi target market penyewaan alat berat ke Perkebunan, Kehutanan, Konstruksi dan Infrastruktur.

Unit usaha penyewaan alat berat memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar seiring dengan pertumbuhan sektor-sektor perekonomian nasional yang membutuhkan jasa penyewaan alat berat PT CCG, seperti sektor, perkebunan, infrastruktur, konstruksi dan pertambangan. Sektor-sektor yang tersebut merupakan sektor-sektor penunjang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Secara historis, alat berat yang disewakan menggunakan skema rental basis per unit alat berat. Untuk meningkatkan utiliasi alat yang disewakan serta meningkatkan pendapatan, maka ke depannya unit usaha penyewaan alat berat akan mengutamakan penyewaan dengan skema fleet basis, yaitu alat berat yang disewakan dalam satuan armada lengkap sesuai kebutuhan suatu proyek.
PT CCG telah mendapatkan pengakuan dari pihak ketiga atas penerapan standarisasi kualitas layanan penyewaan alat berat PT CHE, antara lain:

Piagam Penghargaan Indonesia, Tahun 2012, dari Yayasan Penghargaan Prestasi Indonesia, Lembaga Penghargaan Indonesia dan Lembaga Prestasi Bangsa & Kementrian Kabinet Indonesia Bersatu, Untuk Kategori Kontributor Pembangunan Nasional - Perusahaan Persewaan Alat Berat Terbesar dan Terlengkap di Indonesia.
Innovation Companies & Education Award, Tahun 2012, dari Global Achievment Foundation, untuk kategori The Best Choice In Heavy Equipment Companies Of The Year.

C.    Kegiatan Prakerin

Dalam kegiatan PRAKERIN , kami mendapatkan berbagai pelajaran dan pengetahuan yang bermanfaat. Selama kegiatan PRAKERIN kami tidak menemukan masalah yang begitu berarti, semua hal yang kita lakukan berjalan sesuai rencana semula. Kegiatan yang telah kita lakukan di PT. Cipaganti Heavy Equipment  adalah sebagai berikut:

Ø  Pemasangan nozzle :
mengganti nozzle dengan yang baru menggunakan kunci 17
Ø  Bongkar pasang pompa :
membuka hos menggunakan kunci 42 melepas baud pompa menggunakan kunci 17 lalu melepaskan pompa dari excavator
Ø  Pemasangan power stering :
Menyiapkan alat-alat yang diperlukan seperti : pipa, kunci 17, rantai, obeng, lalu memasangkan ke D31P
Ø  Pemasangan Sproket :
Menyiapkan excavator sebagai alat bantu untuk pemasangan sprocket
Ø  Mengganti oil excavator :
Meniapkan pompa oil, selang, dan drum, lalu mengeluarkan oil dari excavator dan mengganti dengan yang baru
Ø  Mengganti hydolic :
Membuka baud-baud dengan menggunakan kunci 17, lalu melepaskan hydrolic dari arm dan mengganti hydrolic dengan yang baru
Ø  Bongkar radiator D31P :
Membuka baud-baud dengan menggunakan kunci 22, lalu melepaskan radiator dari D31P
Ø  Memasang radiator D31P :
Menyiapkan kunci 22 lalu memasang radiator ke D31P menggunakan kunci 22
Ø  Pemasangan Nozle excavator :
Menyiapkan kunci 17 lalu memasangkan nozzle satu per satu ke excavator
Ø  Pemasangan pompa :
Menyiapkan excavator sebagai alat bantu untuk pemasangan pompa dan menyiapkan kunci 17, 42, lalu memasangkan pompa menggunakan excavator
Ø  Mengganti nozzle :
Menyiapkan kunci 17, melepaskan nozzle yang rusak, memasangkan nozzle dengan yang baru
Ø  Bongkar pasang water pump :
Menyiapkan kunci 14 untuk membuka baud water pump dari excavator, melepaskan water pump, membersihkan water pump dan memasangkan water pump
Ø  Bongkar pasang bucket :
Menyiapkan martil untuk melepaskan pen bucket
Ø  Mengganti pompa hydrolic :
Membuka baud-baud pompa hyrolic, melepaskan pompa hydrolic, memasangkan pompa hydrolic yang lebih bagus dari sebelumnya
Ø  Menggantil oring control valve :
Membuka control valve dari sebuah excavator, membongkar control valve, mengganti oring dengan yang baru
Ø  Bongkar pasang pen bucket
Melepaskan pen bucket, memasangkan pen bucket dengan yang baru
Ø  Bongkar pasang track link :
Membuka pengunci track link, melepaskan track link, memasangkan dengan yang lebih bagus
Ø  Mengganti cylinder arm :
Melepaskan cylinder arm dari arm, mengganti cylinder arm dengan yang lebih baik
Ø  Mengatur power stering
Mengatur power stering menggunakan kunci 12
Ø  Mengganti hos arm
Membuka baud, melepaskan hos arm yang rusak, memasang hos arm yang baru
Ø  Menyetel stering D31P
Menyetel stering memakai kunci 12
Ø  Memberbaiki control valve :
Melepaskan control valve dari excavator, membersihkan control valve memakai solar, mengganti oring
Ø  Memasang bosh pump :
Menyiapkan alat-alat yang digunakan, kunci 10, 14, 17, memasnagkan bosh pump ke D31P
Ø  Mengganti oil filter :
Membuka filter, mengganti oil dengan yang baru
Ø  Mengganti oring hos :
Melepaskan hos dari arm, mengganti oring yang rusak dengan yang baru



BAB III
PENUTUP

  Kesimpulan

Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja lapangan ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni diruangan pemilahan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang bernagai berkas yang tersedia.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Cipaganti Heavy Equipmet yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan PRAKERIN dan bersedia mendampingi penulis selama PRAKERIN berlangsung.

No comments:

Post a Comment